img

Untuk Pertama Kalinya di Indonesia PT. Biofarma (Persero) Melakukan Penghitungan Dokumen Life Cycle Assessment pada Produk Vaksin.

by: superadmin / 07 Sep, 2020

PresRelease, Bandung 26 Agustus 2020

PT. Biofarma (Persero) Kembali melakukan kegitan pendampingan, perhitungan dan penyusunan Life Cycle Assessment dengan PT. Dakara Consilting LCA Indonesia. Setelah melakukan kegiatan pertama kalinya pada tanggal 3 September 2019 dalam kegiatan “Advance Workshop dan Jasa Pendampingan Perhitungan dan Verifikasi Dokumen LCA Produk Vaksin Polio PT Bio Farma (Persero)” di Gedung Pakarti, Jakarta. Dan Kali ini PT Biofarma berkolaborasi kembali dengan PT Dakara Consulting LCA Indonesia untuk kegiatan “Workshop dan Perhitungan Life Cycle Assessment Produk Vaksin Campak di PT Biofarma Tbk. “

Seperti kita semua ketahui bahwa, PT Bio Farma merupakan Perusahaan Vaksin terkemuka di kawasan Asia Tenggara yang berperan serta dalam program pemerintah yaitu memproduksi vaksin untuk Program Imunisasi Nasional. Dan sangat banyak sekali manfaat vaksin campak, antara lain:, yakni campak, gondongan, dan juga rubella. Imunisasi ini mulai dgunakan kepada setiap anak dari usia 9 bulan, serta vaksin campak ini berfungsi untuk melindungi tubuh kita dari penyakit serius dan juga mencegah penyebaran penyakit tersebut kepada orang lain.

 PT Dakara Consulting LCA Indonesia selaku Perusahaan yang bergerak di bidang Consultant Jasa salah satunya Jasa Pendampingan Perhitungan dan Verifikasi Dokumen LCA (Life Cycle Assessment) yang mendukung Program PROPER dari Pemerintah, ditunjuk langsung oleh PT. Biofarma (Persero) untuk yang kedua kalinya sebagai team yang membantu dalam membuat dokumen Life Cycle Assessment pada Produk Vaksin Campak di PT. Biofarma (Persero). Hal ini harus sangat diapresiasi karna PT. Biofarma (Persero) tidak hanya fokus dalam pembuatan vaksin campak, melainkan juga fokus dalam mengkaji seberapa besar pengaruh lingkungan pada proses produksi  vaksin, sehingga .

menjadikan produk vaksin campak menjadi produk yang sangat bermanfaat dan tentunya produk yang juga ramah lingkungan.

Kegiatan “Workshop dan Perhitungan Life Cycle Assessment Produk Vaksin Campak di PT Biofarma (Persero). Kegiatan ini dilakukan di Bandung, pada 26 Agustus – 28 Agustus 2020. Kegiatan dibuka oleh Bapak Herry selaku Kepala Divisi Pengelolaan Sosial dan Lingkungan PT Biofarma (Persero). Beliau menjelaskan mengenai manfaat dari life cycle assessment terhadap suatu produk, Dan beliau juga memberikan semangat kepada para peserta  Kegiatan “Workshop dan Perhitungan Life Cycle Assessment Produk Vaksin Campak di PT Biofarma (Persero) agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik hingga selesai, sehingga apa yang menjadi capaian dalam kegiatan ini dapat tercapai dengan maksimal.  

Kegiatan tersebut di ikuti oleh 11 peserta dari PT Biofarma (Persero) tersebut, dan didampingi oleh tim expert dari PT Dakara Consulting LCA Indonesia yaitu Bapak Dr. Kiman Siregar, Bapak Arief A.R.M.Eng, Bapak Nugroho Adi Sasongko, Ph.D, serta Tim Expert lainnya dari PT Dakara Consulting LCA Indonesia.

Kegiatan workshop ini memiliki suatu pencapaian di setiap hari nya selama 3 hari kegiatan tersebut berlangsung yaitu pada hari ke-1 pencapaian yang akan dilakukan yaitu (Goal, Scope dan Data Inventory), Hari ke-2 yaitu Characterization factor dan Menghitung Nilai Life Cycle Impact Assessment (LCIA), serta di Hari ke-3 yang igin dicapai dari kegiatan ini yaitu Kesimpulan Hasil Life Cycle Impact Assessment (LCIA), Keterbatasan dan Rekomendasi, serta Pembuatan Laporan. Pencapaian tersebut dilakukan karena terjalinnya kerja sama yang baik dan aktif dari Tim Expert yang di sediakan oleh PT Dakara Consulting LCA Indonesia dan Peserta Workshop PT Biofarma.