img

AKADEMISI, PERUSAHAAN, DAN LEMBAGA PEMERINTAH BERSINERGI MENGIKUTI TRAINING LCA DALAM RANGKAIAN ICSOLCA 4TH DI BPPT

by: superadmin / 11 Nov, 2019

Press Rilis – Bogor, 11 November 2019.

Life Cycle Assessment (LCA) semakin diminati oleh berbagai kalangan. Banyak pihak yang menganggap LCA dapat dijadikan sebagai tools dan kriteria baru dalam peningkatan kualitas lingkungan di Indonesia khususnya dalam menjawab isu perubahan iklim. Training yang dilaksanakan pada periode November ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan seminar ILCAN Conference Series on Life Cycle Assessment (ICSoLCA) yang dilaksanakan pada Tanggal 7 November dan dihadiri oleh berbagai stakeholder seperti, BPPT, KLHK, LIPI, Kemenperin, PTPN V, PT. Indonesia Power, Fraunhofer IZM, dan University of Tsukuba. Pada acara seminar tersebut dilakukan juga penandatanganan MOU antara ILCAN dengan BPPT terkait dengan rencana pembangunan database life cycle assessment (LCA) nasional Indonesia “Development of Indonesian Life Cycle Inventory (IND-LCI) Database for Life Cycle Assessment (LCA)” yang diinisiasi oleh KLHK dan ILCAN.

 

PT. Dakara Consulting LCA Indonesia yang merupakan salah satu vendor resmi ILCAN juga berperan sebagai salah satu sponsor dalam pelaksanaan kegiatan seminar sekaligus menjadi pihak penyelenggara training LCA pada acara tersebut. Kegiatan training LCA dilaksanakan selama 2 hari dengan tema “Introduction to LCA”. Kegiatan training tersebut direspon dengan antusiasme yang tinggi oleh para peserta training untuk mempelajari dan memahami lebih mendalam tentang LCA dan penerapannya terhadap perbaikan kinerja lingkungan di perusahaan. Training yang dilaksanakan selama 2 hari bertempat di BPPT Thamrin Jakarta diikuti oleh berbagai kalangan diantaranya adalah kalangan perusahaan (PT. Allsys Solution, PT. Bintang Toedjo), kalangan akademisi (University of Tsukuba, Universitas Indonesia, IPB, Universitas Andalas, Universitas Sahid Jakarta, Universitas Mercu Buana) dan kalangan pemerintahan (Balai Riset Perikanan Budidaya Air Payau dan Penyuluhan Perikanan, LIPI dan BPPT). Training LCA ini dihadiri juga oleh salah satu mantan Menteri Kehutanan, yaitu Bapak Dr. Nur Mahmudi Ismail yang terlihat begitu antusias dalam mengikuti training dan menyambut baik penerapan LCA di Indonesia.

 

Pada hari pertama, kegiatan training dibuka oleh perwakilan PT. Dakara Consulting LCA Indonesia dan dilanjutkan dengan pre-test dan pemberian materi. Materi diberikan oleh perwakilan ILCAN yang berpengalaman pada bidangnya, yaitu Bapak Dr. Ir. Edi Iswanto Wiloso, M.Sc dan Bapak Dr. Kiman Siregar, S.TP, M.Si. Hari kedua pemberian materi dilakukan oleh Bapak Nugroho Adi Sasongko, P.hD., Bapak Arief A.R. Setiawan, M.Eng., dan Bapak Adisa Ramadhan Wiloso S.TP., yang juga perwakilan dari ILCAN dan berpengalaman dibidangnya masing-masing. Kegiatan training ditutup dengan post-test untuk mengetahui perubahan pengetahuan dari para peserta training setelah mendengarkan dan memahami materi yang diberikan. Dr. –Ing. Andreas Ciroth perwakilan dari Green Delta dan OpenLCA Germany juga berkesempatan untuk memberikan materi. Materi yang diangkat adalah mengenai penggunaan software OpenLCA dan pencarian database characterization factor pada berbagai sumber. Dr. Kiman Siregar selaku ketua ILCAN menyambut baik adanya trainer tamu yang menyampaikan materi pada ITSoLCA yang diselenggarakan oleh Dakara ini. Dr. Kiman Siregar dalam sambutannya mengatakan “Alhamdulillah, ITSoLCA kali ini 8-9 November 2019 di BPPT salah satu pesertanya Mantan Menteri Bapak Dr. Nur Mahmudi Ismail dan Trainer Tamu Dr. –Ing. Andreas Ciroth dari OpenLCA dan Green Delta, Germany”.

 

Kegiatan training berjalan dengan lancar dan para peserta mengikuti semua rangkaian acara dengan antusias yang ditunjukkan saat menyelesaikan studi kasus yang diberikan oleh pemateri dan melakukan perhitungan LCA secara manual maupun dengan bantuan software. Selain itu juga, selama training berlangsung terjadi diskusi antara pemateri dan peserta. Hasil post-test menunjukkan bahwa pengetahuan peserta mengenai LCA jauh lebih baik dibandingan dengan sebelum mengikuti training. Peserta sudah memahami 4 tahapan dalam pelaksanaan LCA, yaitu penentuan tujuan dan ruan lingkup, analisis inventori, analisis dampak dan interpretasi yang ditunjukkan dari jawaban yang diberikan oleh peserta. Kegiatan training juga diakhiri dengan pengisian kuesioner dan foto bersama dengan seluruh peserta dan pemateri.

 

[ https://dakara-lcaindonesia.com, FB: Dakara, Ig: dakara_consulting_lca_proper, No. Hp: +6281314226989]

Pemarapan materi oleh trainer tamu Dr. –Ing. Andreas Ciroth

Pemaparan materi oleh trainer ILCAN Dr. Kiman Siregar

Pemaparan materi oleh trainer ILCAN Dr. Edi Iswanto Wiloso

Peserta dengan serius mengisi dan mengikuti sesi post-test