img

DAKARA CONSULTING TURUT BERPARTISIPASI DALAM 4th ICSOLCA DI BPPT

by: superadmin / 11 Nov, 2019

Press Rilis – Bogor, 11 November 2019.

PT. Dakara Consulting LCA Indonesia selaku vendor ILCAN turut berperan sebagai salah satu sponsor dalam ILCAN Conference Series on Life Cycle Assessment 4th (ICSoLCA) yang diselenggarakan pada Tanggal 7 – 9 November 2019 di BPPT. ICSoLCA yang merupakan acara tahunan Indonesia Life Cycle Assessment Network (ILCAN) yang pada tahun ini bekerja sama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan PT. Dakara Consulting LCA Indonesia. Acara yang diselenggarakan di gedung BPPT Thamrin ini memiliki tema Implementation LCA to Support National Green Industry Challenges terdiri dari dua jenis kegiatan, yaitu seminar nasional dan training. Kegiatan seminar dilakukan pada tanggal 7 November 2019 dan training dilakukan pada tanggal 8-9 November 2019. Selain itu juga, kegiatan 4th ICSoLCA ini juga menerima artikel yang akan diterbitkan pada Indonesian Journal of Life Cycle Assessment and Sustainability (IJoLCAS).

Kegiatan seminar dibuka oleh Bapak Dr. Ir. Gatot Dwianto, M.Eng sebagai Deputi Pengkajian Kebijakan Teknologi BPPT setelah menyanyikan lagi Indonesia Raya, dan dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Umum ILCAN Bapak Dr. Kiman Siregar, S.TP., M.Si dan sambutan dari Kepala BPPT yang diwakili oleh Setama Ir. Dadan Moh. Nurjaman, MT. Bapak Ir. Sigit Reliantoro M.Sc. sebagai Sesditjen PPKL KLHK selaku perwakilan dari sekretariat PROPER yang merupakan keynote speaker dari acara seminar memberikan presentasi mengenai kriteria baru PROPER, yaitu Life Cycle Assessment (LCA) atau penilaian daur hidup. Selain itu juga terdapat penandatanganan MoU antara ILCAN, BPPT dan Green Delta untuk kerjasama pengembangan LCA di Indonesia. Green Delta merupakan perusahan yang bergerak dalam bidang rekayasa, konsultan dan pengembangan software berdiri pada tahun 2004 dan berlokasi di Jerman. Green Delta diwakili oleh Dr. –Ing. Andreas Ciroth yang merupakan founder Open LCA yaitu open source Life Cycle Assessment software.

Kegiatan seminar terdiri dari 4 sesi diskusi yang memiliki tema dan pembicara berbeda. Sesi 1 memiliki tema Sawit Nasional yang diisi oleh Bapak Dono Boestami selaku Direktur Utama BPDPKS, Bapak Jatmiko Krisna Santoso selaku Dirut PTPN V, dan Bapak Dr. Kiman Siregar, S.TP, M.Si, selaku peneliti di bidang kelapa sawit dan perwakilan dari ILCAN dan Universitas Syahkuala. Sesi 2 memiliki tema Green Industry dan Energy dengan pembicara Bapak Dr. Ir. Edi Iswanto Wiloso, M.Sc., selaku perwakilan dari Puslit Kima LIPI, Direktur Utama PT. Indonesia Power dan Bapak Prof. Misri Gozan selaku peneliti dari Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Sesi 3 memiliki tema Overseas Best Practices – Lesson Learned yang diisi oleh Dr. –Ing. Andreas Ciroth perwakilan dari Green Delta dan OpenLCA Germany, Prof. Ryozo Noguchi selaku perwakilan dari University of Tsukuba Jepang/AIST, dab  Christian Clemm perwakilan dari Fraunhofer-Institute for Reliability and Microintegration IZM Germany. Sesi 4 memiliki tema Software Developer and Industrial inventories dengan pembicara Bapak Ir. Muhammad Khayam, M.Sc. sebagai DIRJEN IKFT Kemenperin, Bapak Prof. Yandra Arkeman sebagai Direktur SBRC IPB dan Bapak Deba Supriyanto, Ph.D sebagai perwakilan dari ILCAN.

Pada acara seminar tersebut juga dilakukan penandatanganan MOU antara ILCAN dan BPPT terkait dengan pembangunan database LCA di Indonesia “Development of Indonesian Life Cycle Inventory (IND-LCI) Database for Life Cycle Assessment (LCA)” yang diinisiasi oleh KLHK dan ILCAN. Harapannya implementasi LCA di Indonesia berjalan dengan lancar untuk mendukung program perbaikan kinerja lingkungan di perusahaan dan program penurunan emisi GRK di Indonesia. PT. Dakara Consulting Indonesia siap menjadi mitra bagi ILCAN dan KLHK untuk mengeksekusi rencana penerapan LCA di Indonesia.

[ https://dakara-lcaindonesia.com, FB: Dakara, Ig: dakara_consulting_lca_proper, No. Hp: +6281314226989]

     

Foto bersama Tim Dakara dengan ILCAN dan Direktur PPIPE                                

Penandatanganan MOU kerjasama antara BPPT dengan ILCAN