img

PT DAKARA CONSULTING LCA INDONESIA DAN PT BUKIT ASAM TBK BEKERJA SAMA DALAM MENYELENGGARAKAN TRAINING LIFE CYCLE ASSESSMENT UNTUK PENGIMPLEMENTASIAN PROPER DI PERUSAHAAN

by: superadmin / 23 Aug, 2019

Dakara Consulting mengadakan Training LCA PROPER dengani ILCAN (Indonesian Life Cycle Assessment Network) di Palembang. Peserta Training LCA PROPER ini yaitu PT Bukit Asam Tbk yang dilaksanakan di Hotel Santika Radial Palembang pada 12 – 16 Agustus 2019. Kegiatan ini di ikuti oleh 27 Peserta dari PT Bukit Asam Tbk serta anak perusahaan seperti Seperti PT Bukit Asam Unit Tanjung Enim, PT Bukit Asam Unit Pelabuhan Tarahan, PT Bukit Asam Unit Dermaga Kertapati, PT Internasional Prima Coal, PT Bhimasena Power Indonesia dan PT BSP. Kegiatan training ini diikuti sebanyak 27 peserta dari perusahan. Dalam kegiatan training tersebut Dakara Consulting sebagai panitia pelaksana mengirimkan para trainer terbaik dari ILCAN (Indonesian Life Cycle Assessment). Diantaranya yaitu Dr. Edi Iswanto Wiloso, Dr. Kiman Siregar, dan Muryanto,M.T. Tuska Yanuar Rachman selaku Perwakilan PT Bukit Asam Tbk memberikan Kata Sambutan dan Pembukaan Kegitan Training LCA PROPER tersebut. Beliau mengatakan bahwa “ setelah kegiatan ini selesai semoga kita semua dapat memahami apa yang disampaikan oleh pemateri dan kegiatan ini merupakan point penilaian PROPER. Serta kita semua dapat mengaplikasikan materi yang disampaikan dari pemateri ” 

 

Kegiatan ini berlangsung selama 5 hari dan para peserta pun sangat antusias dalam mengikuti kegiatan training tersebut. Hari Pertama kegiatan training para peserta diberi materi oelh Pembina ILCAN yaitu Bapak Dr. Edi Iswanto Wilsos. Kemusaian, hari ketiga Training para peserta diberi lebih detail pemahaman tentang perhitungan dari LCA tersebut yang diberikan materi dari Bapak Dr. Kiman Siregar. Dan di hari ke lima para peserta juga diberikan materi pengaplikasian Perhitungan LCA menggunakan Software dengan pemateri Bapak Muryanto,M.T Sebelum menyampaikan materi di hari pertama training LCA (Life Cycle Assessment) juga diawali dengan mengerjakan soal Pre-Test disetiap peserta training. Dan di hari ke-empat training para peserta pun diberikan soal Post-Test dan kuesioner untuk meningkatkan kualitas perusahaan terhadap kualitas pelatihan training tersebut.